bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Kota Serang Siap Laksanakan Keceran Macan Guling Nasional

Diposkan oleh On 14:18:00 with No comments

Serang, bantencom -  Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai nilai budayanya dan menjunjung tinggi kebudayan serta menjaga juga melestarikannya. Hal itu yang membuat perguruan silat Mande Macan Guling (MMG) berusaha menjaga kebesaran budaya di Indonesia.

Perguruan silat Mande Macan Guling yang sudah tersebar di Indonesia bahkan mancanegara ini, berencana akan melakukan silaturahmi akbar atau yang disebut keceran. Keceran sendiri merupakan bentuk silaturahmi antara anggota, dewan pembina dan para kesepuhan mande macan guling, untuk bisa saling mengenal lebih dekat. Dalam tradisi keceran biasanya dilakukan pada bulan Mulud.

Menurut ketua DPW Mande Macan Guling Denny Arisandi, silaturahmi keceran rencananya akan diadakan 15 Januari 2015, di alun-alun barat, Kota Serang.
" Acara keceran perguruan mande macan guling ini insya Allah akan diadakan di kota Serang, kami juga sudah memberitahukan agenda kami ke ibu Megawati Soekarno Putri sebagai anggota kehormatan kami.  Ibu sudah dikukuhkan beberapa waktu lalu saat ke Banten dan kami juga sejujurnya ingin membuktikan nilai tradisi Banten seperti pencak silat ini, supaya tak ditinggalkan anak muda di Indonesia. Jadi keceran ini untuk merangkul seluruh keluarga pencak silat di negeri ini", ujar Denny.

Senada dengan ketua pelaksana keceran perguruan pencak silat mande macan guling, Haji Saeful Bahri Jahidi, mengaku dalam event akbar ini, dirinya bersama seluruh anggota meminta doa dan peran serta masyarakat Banten untuk membantu berjalannya acara tersebut.
" Insya Allah tujuh provinsi akan datang  mewakili Mande Macan Guling di Indonesia, bahkan dari perguruan pencak silat di Prancis sudah kami undang, pada dasarnya acara keceran ini untuk meningkatkan silaturahmi para anggota dan pengurus pencak silat mande macan guling. Kami juga ingin memperlihatkan kepada para pemimpin bahwa pencak ini adalah salah satu budaya yang hinggga kini masih dijaga dengan baik", ungkap Saeful.

Ketujuh provinsi yang sudah siap hadir dalam acara keceran mande macan guling tersebut adalah DKI, Jateng, Lampung, Jabar, Bali, Jatim, Jambi dan DIY. Saeful Bahri Jahidi juga menambahkan, silaturahmi  akbar mande macan guling Januari nanti juga mengundang seluruh perguruan pencak silat di Indonesia terutama TTKDH, Terumbu, Tapak Suci, dan lain-lain.

" Kami juga akan mengundang seluruh perguruan pencak silat dari perguruan lain, mereka sudah kita konfirmasi dan bersedia hadir, kami juga akan mengundang Ibu Megawati selaku anggota kehormatan, Bapak Presiden Jokowi dan Plt Gubernur Banten. Semoga acara keceran ini bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu saya sebagai ketua pelaksana keceran mande macan guling ini meminta ridho dan doanya dari masyarakat Banten", tambah Saeful
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »