bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Desa Dapat Kucuran Dana 700 juta

Diposkan oleh On 11:22:00 with No comments

Serang, bantencom - Dana segar sebanyak Rp 20 Triliun dapat dinikmati oleh pemerintah desa diseluruh Indonesia pada bulan April 2015 mendatang. Dana sebesar itu rencananya akan dipergunakan untuk membangun perekonomian dan infrastruktur desa di seluruh Indonesia.
"Mari kita bergotong-royong membangun desa. Akan diberikan secara bertahap guna menghindari penyelewengan," kata Menteri Pembangunan Desa, PDT, dan Transmigrasi, Marwan Dja'far, saat bertatap muka dengan perangkat desa di pendopo Kecamatan Bandung, Kabupaten Serang.
Pemerintahan desa seluruh Indonesia yang berjumlah 74 ribu desa akan mendapatkan kucuran dana dengan total Rp 700 juta yang akan diberikan secarbertahap. Periode pertama sendiri akan mulai digulirkan pada bulan April dengan nominal antara Rp 200 hingga 240 juta per desa.
Dana ratusan juta tersebut diharapkan dapat membangun infrastruktur dan ekonomi.
"Kenapa tidak diberikan secara langsung? karena APBN kita bisa jebol, fiskal kita tidak kuat. Selain itu, amanat UU juga menyuruh diberikan secara bertahap. Sesuai kemampuan fiskal," terangnya.
Meski nanti penggunaannya akan di awasi oleh pemerintah pusat dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Marwan meminta agar kepala desa (kades) tak perlu takut menggunakan dana dari APBN tersebut, asalkan penggunaannya benar. Pemerintah pusat pun berjanji tak akan mencampuri urusan pembangunan desa.
Politisi PKB ini pun meminta agar para kades mematuhi UU Desa dimana setiap penggunaan dana tersebut harus melalui musyawarah desa. Sehingga, aspirasi masyarakat dapat dituangkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)
"Misalkan untuk membangun jalan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), UMKM atau lainnya," tegasnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »