bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Pemerintah Aceh, Pelajari Jamsosratu

Diposkan oleh On 17:42:00 with No comments

Serang, bantencom - Apresiasi keberhasilan Program penanggulangan kemiskinan Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) yang digagas pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Sosial Banten tidak hanya datang dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, namun juga telah menginspirasi daerah lain, tak terkecuali pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang penerapan program Jamsosratu sebagai replikasi Program Keluarga Harapan (PKH), Dinas Sosial Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, menyambangai kantor Dinas Sosial Provinsi Banten, Selasa (14/4). Hadir dalam kunjungan kerja itu, Asda II Bidang Keistimewaan dan Kesejahteraan Sosial Kabupaten Pidie Jaya, Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Aceh, dan jajaran Dinas Sosial Kabupaten Pidie Jaya.

Asda II Bidang Keistimewaan dan Kesejahteraan Sosial Kabupaten Pidie Jaya Jaelani mengatakan, selain untuk bersilaturahmi, kunjungan kerja itu dimaksudkan untuk bertukar informasi terkait program kesejahteraan sosial baik di Kabupaten Pidie Jaya maupun di Provinsi Banten. Penghargaan PKH Award  yang diterima Provinsi Banten dari Kementrian Sosial beberapa waktu lalu, menurut Jaelani, merupakan keberhasilan Provinsi Banten dalam mengimplementasikan program kesejahteraan sosial.

"Jadi, selain PKH, kami ingin mengetahui secara detail penerapan program Jamsosratu sebagai replika PKH. Nantinya, pemaparan tentang Jamsosratu sebagai program daerah akan kami presentesikan kembali kepada pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dan Dinas Sosial Provinsi Aceh," katanya.

Selain Jamsosratu, Dinas Sosial Provinsi Banten juga memaparkan realisasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang sudah berjalan di beberapa daerah, salah satunya KUBE budidaya madu di Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Selain program jaminan sosial, KUBE juga merupakan salah satu program pemerintah yang dinilai sangat berkontribusi besar bagi upaya penanggulangan kemiskinan di Banten.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Banten Sunardi menjelaskan,  penanggulangan Potensi Masalah kesejahteraan Sosial (PMKS) harus didukung dari berbagai sektor. Artinya, tidak hanya mengandalkan dari program Jamsosratu dan PKH, tetapi juga didorong oleh program-program lain yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat, salah satunya Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Terkait Jamsosratu, Sunardi menjelaskan, Jamsosratu merupakan  program duplikasi PKH melalui pemberian bantuan sosial tunai bersyarat. Jamsosratu merupakan skema yang melembaga di bawah supervisi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Provinsi Banten yang dalam pelaksanaannya melibatkan instansi terkait seperti PT Pos Indonesia sebagai tempat pencairan dana Jamsosratu.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nandy S Mula mengatakan, kunjungan kerja Dinas Sosial Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap pelaksanaan program Jamsosratu di Banten. Untuk itu, Nandy berharap, program Jamsosratu sebagai program unggulan penanggulangan kemiskinan di Banten terus berkelanjutan.

"Kita berharap Jamsosratu bisa menginspirasi daerah lain sebagai program daerah yang telah berkontribusi besar bagi pengentasan kemiskinan," katanya. [Adv]

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »