bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Semangat Film Cokroaminoto Terhadap Pembangunan Banten

Diposkan oleh On 22:20:00 with No comments

Serang, bantencom - Banyak sekali hikmah yang dapat diambil dari film HOS. Cokroaminoto yang disutradarai Garin Nugroho. Selain pejuang yang membela rakyat yang teraniaya, Cokroaminoto juga memberikan banyak sekali inspirasi bagi semua elemen masyarakat, mulai dari petani, pedagang, pemimpin, politik, Buruh dan pejuangan kemerdekaan.
Hijrah menjadi jalan dalam melakukan perjuangan HOS. Cokroaminoto. Dari kata hijrah yang di ungkapkan banyak sekali makna dari kata itu. Hijrah berarti pindah. Pindah dari berbagai kesulitan menuju kesejahteraan dan kemerdekaan hak rakyat.
Hijrah merupakan jalan yang ditempuh oleh Cokroaminoto dalam memperjuangkan kemerdekaan rakyat. Mempersatukan semua golongan yang terpecah-pecah. Perjuangan yang dilakukan dengan kebersamaan bukan dengan berkelompok-kelompok.
Hijrah atau bisa juga kita katakan merubah. Seseorang yang ingin merubah kehidupan masyarakat yang masih dibawah kekuasaan bangsa lain yang sangat kejam. Walaupun dari seorang anak pejabat, namum dirinya rela meninggalkan kehidupan yang serba kecukupan untuk berjuang demi rakyatnya. Untuk mengejar cita-citanya itu Cokroaminoto pergi hijrah ke daerah lain
Hijrah dari segi politik
Semua ide atau paham ideologi pada dasarnya baik, karena ingin perubahan kearah yang lebih baik.
Hijrah pedagang
Adanya persatuan para pedagang kecil dan saling kerjasama antara pedagang lain dari berbagai etnik.
Hijrah pertanian/perkebunan
Seluruh petani hendaknya tidak memiliki rasa ego yang tinggi, perlu adanya koperasi disetiap daerah pertanian untuk kesejahteraan para petani.
Hijrah Kepemimpinan
Seorang pemimpin hendaknya memiliki jiwa yang tegas, mementingkan kebutuhan rakyatnya, selalu turun langsung kelapangan jika ada seauatu yang tidak berjalan dan mau mendengarkan aspirasi dari masyarakat yang minoritas.
Hijrah Buruh
Bekerja dengan sungguh-sungguh dan tidak malas sehingga menghasilkan produk yang maksimal.
Masyarakat Banten akan maju dan sejahtera apabila seluruh rakyat dan pemimpinnya dapat mengambil pelajaran dari film Cokroaminoto, karena seluruh karakter pemimpin dan masyarakat ada dalam film tersebut.
Pembangunan suatu daerah hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang mencintai daerahnya dengan ikhlas dan tanpa pamrih dengan semangat jiwa cinta tanah air merupakan salah satu bukti iman kepada sang pencipta.
Banten hendaknya dibangun dengan kebersamaan, mencintai daerah sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Mendukung semua kebijakan pemerintah daerah. Mau berbuat sesuatu yang baik seauai dengan potensi dan keahlian yang dimilikinya untuk pembangunan. (ridwan)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »