bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Jokowi Bersikukuh Bangun Listrik 35.000 MW

Diposkan oleh On 21:55:00 with No comments

Jakarta, bantencom - Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Kemaritiman Rizal Ramli sempat berwacana mengevaluasi target pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 35.000 MW. Program mega proyek yang ditargetkan 5 tahun ini sempat dianggap tidak realistis.
Namun, Menteri ESDM Sudirman Said dengan tegas menyebutkan, target tersebut tidak akan diturunkan. Presiden Jokowi sudah memastikan tak akan ada revisi target.
"Presiden sudah mengatakan, target tidak akan diturunkan tapi tugas para menteri semuanya mencari solusi supaya target itu tercapai," ujar Sudirman Said saat diskusi tentang energi di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta, Minggu (30/8/2015).
Sudirman menjelaskan, saat ini pemerintah terus menggenjot pembangunan pembangkit listrik di beberapa daerah. Ditargetkan, proyek 35.000 MW akan rampung dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.
"Saat ini sudah 20% konstruksi terbangun baik pembangkit maupun transmisi, kemudian tahun ini Insya Allah sisa 7.000 MW, 4000-an akan selesai karena lebih dari 70% sisa-sisa proyek yang Fast Track Program (FTP) 1 itu tingkat penyelesaiannya sudah di atas 80%," sebutnya.
Sudirman optimistis, paling tidak di tahun ini bisa menyelesaikan 10.000 MW dari target 35.000 MW.
"Kemudian yang baru 35.000 MW, tahun ini Insya Allah minimal 10.000 akan terkontrak, jadi IPP (listrik swasta) akan melakukan tanda tangan kerjasama jual beli power kepada PLN, jadi dari segi persiapan proyek rasanya kita cukup optimis, begitu pun financing, saya belum melihat ada kendala sampai hari ini," jelas dia.
Selain PLTU Batang di Jawa Tengah, berkapasitas 2 x 1.000 MW yang telah groundbreaking, proyek-proyek lain juga akan segera menyusul agar bisa mengejar target yang telah ditetapkan.
"Cirebon akan ekspansi, Tanjung Jati akan ekspansi, Cilacap juga akan ekspansi, ini yang membuat saya optimis, saya kira kalau itu bergulir, jalan, itu akan mendorong persiapan-persiapan proyek lainnya, itu situasi di lapangan yang membuat saya yakin itu bisa diteruskan. Bulan-bulan ke depan akan ada terus groundbreaking, PPA, dan dinamika luar biasa ke depan," imbuhnya. ( lingga m akbar)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »