bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Marching Band Gita Surosowan Banten Akan Kibarkan Merah Putih di Amerika Serikat

Diposkan oleh On 15:02:00 with No comments

Serang, bantencom - Marching Band Gita Surosowan Banten (GSB) menjadi headline di media Amerika Serikat bernama The News Dispatch, karena mendapatkan medali perak kategori International Class dalam ajang Drumb Corp Internasional (DCI) yang berlangsung di Amerika Serikat.
“Alhamdulillah dengan silver medal yang di raih GSB di Michigan City, maka mengantar GSB ke Indianapolis, ajang yang lebih bergengsi, walaupun kita sudah prediksi akan sampai ke Indianapolis,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno, saat dihubungi wartawan, Rabu (05/08/2015).
Rano Karno yang sebentar lagi akan menjadi Gubernur Definitif di Provinsi Banten merasa yakin bahwa GSB akan meraih hasil maksimal. Bahkan tak menutup kemungkinan akan mendapatkan medali emas dalam ajang tertinggi marching band sedunia tersebut.
“dengan silver medal ini, menambah keyakinan saya bahwa GSB akan meraih prestasi yang maksimal,” tegasnya.
Perlu diketahui bahwa, sebelum GSB mendapatkan medali perak dan mengibarkan bendera Merah Putih di negara Paman Sam tersebut, GSB harus bersaing ketat dengan Jubal Drum and Bugle Corps dari Belanda yang pada kesempatan tahun ini mendapatkan medali emas. Sedangkan medali perunggu sendiri diraih oleh Chien Kuo, marching band dari Taiwan.
Dengan peraihan medali perak tersebut, membuat GSB akan bertanding di laga final tertinggi, final world serie championship di Lucas Oil Stadium, Indianapolis pada hari Kamis 06 Agustus 2015 waktu Amerika.
Di Lucas Oil Stadium ini, GSB akan bertanding melawan group elit Marching Band asal Amerika Serikat guna mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya.
Sekedar untuk diketahui, GSB masuk Kategori International Class yang diikuti 3 peserta, 1. Jubal, 2 Gita Surosowan Banten, dan 3 Chien Kuo.
Sementara, Open Class diikuti sekitar 12 peserta, antara lain ; Vanguard Cadets ,Blue Devils B, Spartans , Genesis ,Legends, 7th Regiment, Music City , Gold, Colt Cadets, Raiders, dan Les Stentors.
Sebelumnya sempat diberitakan bahwa Marching Band GSB mewakili Indonesia guna bertanding dalam acara Drumb Corp Internasional (DCI) di Amerika Serikat.
Dalam kompetisi tertinggi marching band dunia tersebut, GSB sendiri membawakan musik karya sendiri, yakni “Sound of Surosowan” (suara dari Surosowan).
Surosowan merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang berbentuk benteng peninggalan Kesultanan Banten sewaktu berjuang melawan penjajah Belanda.
Dalam penampilannya, Marching Band GSB akan mengkolaborasikan alat musik modern dengan alat musik tradisional seperti gamelan, gendang, hingga seruling seperti Saluang Padang yang suaranya indah melengking.
GSB, memberangkatkan 178 personelnya sejak 31 Juli 2015 dan direncanakan kembali ke Banten 11 Agustus 2015, dengan biaya dukungan pemprov Banten Rp6 miliar. (adv)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »