bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

WORKSHOP MUATAN LOKAL KURIKULUM PAUD

Diposkan oleh On 15:37:00 with No comments

Serang, bantencom - Kurikulum Merupakan seperangkat rencana, pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran, cara yang digunakan, pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kurikulum 2013 PAUD mengupayakan keseimbangan antara pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Satuan PAUD yang merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di satuan PAUD ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar.kurikulum 2013 menekankan pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan pada anak yang dilakukan dengan kegiatan belajar melalui bermain dengan memberi waktu yang cukup leluasa.

Muatan lokal, sebagaimana dimaksud dalam penjelasan UU  No 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, merupakan bahan kajian yang dimaksud untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap potensi di daerah tempat tinggalnya. Muatan lokal sebagai bahan kajian yang membentuk pemahaman terhadap potensi di daerah tempat tinggalnya bermanfaat untuk memberikan bekal sikap,pengetahuan, dan keterampilan kepada peserta didik agar mengenal dan menjadi akrab dengan lingkungan alam, sosial dan budayanya serta memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai/aturan-aturan yang berlaku di daerahnya, serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya setempat dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Kebijakan pelaksanaan kurikulum muatan lokal pada satuan pendidikan perlu didukung dengan kebijakan pemerintah, pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan satuan pendidikan sesuai kewenangannya dan yang paling penting adalah ketersediaan sumber daya pendidikan yang dibutuhkan. Daya dukung pelaksanaan muatan lokal meliputi segala hal yang dianggap perlu dan penting untuk mendukung keterlaksaan muatan lokal di satuan pendidikan adalah :

1.    Kebijakan Muatan Lokal
2.    Pendidik
3.    Sarana dan Prasarana Sekolah
4.    Manajemen Sekolah


Untuk Mempersiapkan daya dukung pelaksanaan kurikulum muatan lokal PAUD di tiap satuan pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Banten Melalui bidang pendidikan Non Formal dan Informal seksi PAUD melaksanakan Workshop muatan lokal kurikulum PAUD kepada 120 orang pengelola PAUD Se-Provinsi Banten. Workshop Ini sendiri dilaksanakan di Villa Marina Anyer pada tanggal 06 – 07 Mei 2015. (Advetorial)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »