bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Kijing dan Remes Bantu Perekonomian Masyarakat Pamarayan

Diposkan oleh On 17:45:00 with No comments

Serang, bantencom - Musim kemarau yang sudah lama melanda ini memang cukup membuat repot bagi masyarakat. Ketiadaan air bersih untuk MCK dan lahan pertanian dibeberapa wilayah Banten.

Kekeringan sungai akibat kemarau ini ternyata malah membawa berkah bagi masyarakat yang berada di pinggir sungai ciliwung Pamarayan Kabuaten Serang Banten.

Sungai yang mengering membuat warga sekitar melakukan pencarian kijing dan remes (kerang) yang hidup di dasar sungai. Kijing dan Remes ini mudah diambil jika kondisi sungai sedang surut.

Masyarakat mencari Kijing dan Remes selain untuk dimasak sendiri juga dijual ke warga yang melintas. Hal ini cukup membantu perekonomian warga, karena banyak yang membeli nya.

Wati ibu empat anak ini mengaku dirinya setiap hari mencari Kijing dan Remes untuk dijual. Setiap pagi dan sore, wanita paruh baya ini rela menahan dinginnya air untuk mencari Kijing dan Remes.

"Setiap pagi dan sore hari saya mencari Kijing dan Remes untuk dijual, lumayan hasilnya bisa untuk beli beras dan jajan anak sekolah. Apalagi buat orang seperti saya yang harus menghidupi empat orang anak seorang diri karena suami saya meninggal" katanya saat diwawancarai bantencom di lokasi pencarian Kijing dan Remes.(Rid)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »