bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Ini Alasan Buruh Tolak RPP

Diposkan oleh On 20:01:00 with No comments

Serang, bantencom - Ribuan buruh dari seluruh komponen serikat pekerja yang ada di Kabupaten Serang, melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati. Mereka menolak rancangan peraturan pemerintah tentang sistem pengupahan yang dinilai sangat merugikan buruh.
Rencana pengesahan rancangan peraturan pemerintah mengenai ketenagakerjaan, khususnya terkait pengupahan maduk dalam paket kebijakan paket ekonomi jilid IV yang dikeluarkan oleh presiden Jokowi.
Serikat Buruh menolak keras rencana tersebut, karena dianggap sangat merugikan terhadap buruh. Mereka menyerukan tolak RPP dan upah murah.
Dalam RPP tersebut, penghitungan UMK didasarkan pada Upah Minimum Provinsi ditambah perhitungan inflasi dan pertumbuhan ekonomi, dan itu sangat merugikan buruh karena tidak akan ada kenaikan upah. Sementara RPP itu tinggal ditanda tangani oleh presiden.
Supriatna salah satu buruh yang mengikuti aksi demo tersebut mengatakan bahwa RPP sangat merugikan buruh karena kenaikan 10 persen tidak berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak.
"Didalam RPP pasal 41 sampai 45 yang akan ditanda tangani oleh presiden Jokowi ini jelas sangat merugikan bagi buruh, karena kenaikan 10 persen tidak berdasarkan kepada Kebutuhan Hidup Layak. Itu sama saja tidak ada kenaikan upah" katanya kepada bantencom
Setelah beberapa lama, akhirnya para pendemo ditemui oleh pejabat Bupati Serang Hudaya Latuconsina yang langsung menaiki mobil bersama para buruh. Hudaya mengatakan akan menampung aspirasi buruh untuk ditindak lanjuti.
"Saya selaku pejabat bupati mengucapkan terima kasih, karena aksi demo ini berjalan dengan kondusif. Dan saya akan menampung semua aspirasi teman-teman buruh dan akan segera ditindak lanjuti" kata hudaya diatas mobil pick up beraama peserta aksi.
Setelah ditemui akhirnya para pendemo membubarkan diri, namun berjanji jika tuntutannya tidak dipenuhi, mereka mengancam  akan kembali berdemo dengan membawa massa yang jauh lebih banyak dari demo yang dilakukan pada hari ini. (Rid)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »