bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Begadang berpotensi diabetes

Diposkan oleh On 07:44:00 with No comments

Bantencom- Begadang jangan begadang kalau tiada artinya begadang boleh saja asal ada gunanya,sepenggal bait dari lagu nya Rhoma Irama ini sangat penting maknanya.

Begadang atau tidur malam tidak sesuai jadwal nampaknya menjadi aktivitas yang familiar bagi Anda. Penyebabnya bisa jadi tumpukan pekerjaan atau banyaknya aktivitas yang harus dilakukan sehingga Anda tidak bisa tidur sesuai jadwal. 

Sepintas tidak ada yang terlihat membahayakan dari kebiasaan begadang. Mungkin gangguan yang Anda rasakan hanyalah rasa mengantuk dan lelah. Namun ternyata begadang bisa menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk terkena diabetes. Bagaimana bisa?

Dilansir dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrifood Research Center dijelaskan bahwa sebenarnya saat Anda tidur, tubuh memulihkan diri dengan cara menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres. Nah, saat Anda kurang tidur atau begadang otomatis proses alami ini tidak bisa berjalan dengan baik sehingga membuat Anda jadi semakin stres. Ketika hormon stres ini meningkat, tentu saja seluruh sistem tubuh akan kacau. Begitu pula dengan sistem metabolisme gula dalam tubuh Anda. Sehingga terjadi kenaikan hormon insulin yang bisa membuat Anda terkena diabetes.

Selain faktor tersebut, diakui atau tidak begadang juga mampu membuat kecenderungan untuk ngemil akan semakin tinggi. Tidak jarang Anda pun biasanya mengonsumsi mie instan atau makanan ringan berkadar garam dan gula tinggi lainnya. Padahal di malam hari kerja tubuh adalah tak lagi mencerna yang membuat kecepatan untuk menyerap gula menjadi lambat. Jumlah insulin yang dikeluarkan juga 30% lebih sedikit. Hal inilah yang kemudian juga dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi dan meningkatkan risiko Anda untuk terkena diabetes.(BC2)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »