bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Encep, Pemkab Harus Perbanyak Lembaga Kursus

Diposkan oleh On 18:10:00 with No comments

Pandeglang, bantencom - DPRD Kabupaten Pandeglang menilai, minimnya ruang kelas belajar bukan menjadi dasar rendahnya lama sekolah. Meski jumlah bangunan sekolah di Pandeglang diakui belum ideal, namun minimnya pemahaman masyarakat untuk menyekolahkan anaknya, dianggap sebagai faktor utama tertinggalnya dunia pendidikan di Pandeglang.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pandeglang, Encep Mahfud mengatakan, selain harus meningkatkan pemahaman masyarakat melalui sosialisai, Pemkab disarankan untuk lebih memperbanyak lembaga-lembaga kursus keterampilan.

"Jika melihat rencana besar Pandeglang yang akan menghadapi MEA dan KEK, lebih baik Dindikbud memperbanyak kursus-kursus keterampilan agar dapat bersaing dengan tenaga kerja asing yang akan masuk ke Pandeglang. Hal itu yang paling realistis dilakukan, karena sebentar lagi kan akan ada MEA dan KEK," ungkapnya Rabu (18/11).

Menurutnya, jika hal itu dapat dilakukan, maka masyarakat Pandeglang dapat diberdayakan meski sebagian besar diantaranya tidak mengenyam pendidikan yang tinggi. Sedangkan apabila Pemkab fokus untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah tanpa mempertimbangkan keterampilan, maka dikhawatirkan masyarakat akan tergerus oleh arus SDM yang berasal dari luar Pandeglang.

"Keterampilan bahasa dan yang lain perlu ditingkatkan. Hanya memang melihat konteks sebaran penduduk yang banyak, luas wilayah yang panjang, kapasitas kursus yang ada saat ini belum ideal," ujarnya.

Encep melanjutkan, dengan keterbatasan anggaran Pemkab dalam membiayai bidang pendidikan, sulit jika harus membuat regulasi yang mengratiskan biaya sekolah. Encep mengungkapkan, hal yang paling realistis untuk menanggulangi keterbatasan itu yakni dengan meningkatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari setiap perusahaan. Melalui peningkatan dana CSR itu, setiap perusahaan akan diarahkan untuk memberi porsi bantuan lebih dalam bidang pendidikan.
"Dari dewan, kita ingin ada keberpihakan anggaran terhadap bantuan biaya operasional siswa dan sekolah. Kita masih terkendala dengan anggaran yang ada, jadi dorongan lainnya kita mau ada keberpihakan dari perusahaan yang ada di Pandeglang," sambungnya.
Diberitakan sebelumnya, tingkat rata-rata lama sekolah di Kabupaten Pandeglang tergolong rendah, dengan angka 6.7 tahun. Padahal sebagian besar daerah di Banten, angka lama sekolah telah di atas 7 tahun. Hal ini terjadi berkaitan dengan sarana pendidikan yang masih minim di Pandeglang.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »