bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Agung Podomoro Land Reklamasi 17 Pulau di Teluk Jakarta Gunakan Pasir Dari Laut Banten

Diposkan oleh On 17:19:00 with No comments

Jakarta, bantencom - Rencana reklamasi Teluk Jakarta menjadi 17 pulau masih bergulir hingga kini. Terkait itu bakal calon gubernur DKI Jakarta Hasnaeni Moein atau yang kerap disapa "Wanita Emas" angkat bicara soal rencana tersebut.
"Kalau masalah reklamasi kita lihat apakah laut masih berfungsi atau tidak," ucap Hasnaeni di kediamannya di Kemang Timur V, Jakarta Selatan, Senin (21/3/2016).
Hasnaeni melanjutkan, yang terpenting adalah tidak terganggunya aktivitas nelayan. Termasuk tidak mematikan kehidupan ikan dan biota laut lainnya.
"Dan selama amdalnya benar ya sah-sah saja," sambungnya. 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri telah mendesain 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta, dengan tujuan menciptakan kawasan strategis di pantai utara Jakarta. Fungsinya sebagai pusat ekonomi baru berbasis jasa dan ekonomi kreatif.
Selain itu, kawasan baru ini diharapkan menjadi magnet pertumbuhan baru yang mengerem kecenderungan pembangunan ke arah selatan Jakarta (di kawasan yang seharusnya menjadi daerah resapan air) akibat keterbatasan lahan.
Sementara itu, Agung Podomoro Land telah mengantongi proyek reklamasi untuk tiga pulau dari 17 total pulau yang akan dibuat. Proyek reklamasi utara Jakarta mencakup 17 pulau, dengan total 5.100 hektare.
Reklamasi Pantai Utara Jakarta, yang kini dikenal dengan istilah 'Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta', dilakukan berdasar pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 52 Tahun 1995 tentang Reklamasi Pantai Utara Jakarta.
Kemudian, Pemerintah Provinsi DKI menindaklanjuti Keppres dengan menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 1995 tentang Penyelenggaraan Reklamasi dan Tata Ruang Kawasan Pantai Utara Jakarta.
Selanjutnya, teknis reklamasi berupa ketentuan pembuatan daratan baru dijelaskan dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2008 tentang Penataan Ruang Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Puncak, Cianjur. 
Untuk mendukung proyek reklamasi teluk jakarta, pihak pengusaha melakukan kerjasama dengan beberapa pengusaha lokal untuk memenuhi bahan baku berupa pasir laut untuk pengurugan, daerah yang potensial untuk diekplorasi pasirnya adalah pulau-pulau kecil di daerah Banten.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »