bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Ramaikan mayday 2.300 buruh di Serang memperingati hari buruh

Diposkan oleh On 03:06:00 with No comments

Serang,Banten-  Sekitar 2.300 buruh akan memadati Alun-alun Kota Serang untuk merayakan Hari Buruh Internasional (May Day), Minggu (1/5). Kehadiran buruh di Alun-alun Kota Serang bukan untuk melakukan aksi demonstrasi, melainkan mengikuti rangkaian acara peringatan May Day 2016  yang sifatnya produktif dan positif berupa pertandingan futsal, donor darah, jalan santai, pengobatan gratis, hiburan dan lain-lain.
“Kami tidak ada agenda demo. Kami mengikuti Hari Buruh yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Serang,”  ujar Ketua Panitia May Day di Kota Serang,  Akhmad Fauzi, Jumat (29/4).
Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnaker Kota Serang Ratu Ani Nuraini mengatakan, bahwa Disnaker Kota Serang mengadakan berbagai acara untuk memperingati Hari Buruh di Kota Serang, seperti turnamen futsal antar-perusahaan di Kota Serang, jalan santai, donor darah, pemeriksaan dan pengobatan gratis, bazar murah, panggung gembira, door prize, dan pembagian hadiah.
Menurut Ratu, penyelenggaraan acara peringatan May Day itu telah  berkoordinasi dengan para serikat buruh dan perusahaan di Kota Serang agar perayaan May Day nanti diisi dengan kegiatan positif. “Pemkot Serang mengharapkan kegiatan Hari Buruh berjalan lancar dan tertib,” ujarnya.
Kapolres Serang AKBP Nunung Syaifudin juga siap mengamankan Hari Buruh. “Dari Polres Serang menurunkan 250 personel. Nunung  mengimbau para buruh agar tidak melakukan sweeping ke perusahaan-perusahaan untuk mengumpulkan massa.
Sweeping itu gak boleh karena menimbulkan kericuhan,” ujarnya.
Secara terpisah,  Kapolda Banten Brigjen Pol Ahmad Dofiri  menyatakan, untuk pengamanan May Day Polda Banten  menerjunkan 1.776 personel. Pasukan akan siaga pada 30 April hingga 2 Mei 2016  di titik-titik keramain, seperti Alun-alun Kota Serang, Kantor Wali Kota Cilegon, Kawasan Modern Cikande.
“Kami mengantisipasi agar kegiatan  sweeping tidak terjadi. Kita tetap mensiagakan personel  di tempat-tempat para buruh berkumpul menuju tempat lokasi perayaan. Kita sudah siapkan personel untuk siaga di gerbang tol, dan perempatan di sepanjang jalur yang berpotensi terjadinya  kemacetan lalu lintas,” kata Kapolda Brigjen Pol Ahmad Dofiri seusai apel dalam rangka pengamanan Hari Buruh Internasional, di Mapolda Banten,  Kota Serang,  Jumat (29/4).
Peringatan Hari Buruh Internasional tahun ini, lanjut Kapolda, akan dirayakan para buruh dengan kegiatan-kegiatan yang produktif dan menyenangkan layaknya orang berulang tahun, seperti donor darah, jalan santai, hiburan, turnamen futsal, bahkan pembuatan SIM. Kendati demikian, Polda Banten akan tetap siaga dalam rangka mencegah hal-hal yang tidak kondusif.
“Pengerahan personel kepolisian untuk pengamanan,  sifatnya preventif saja. Kita mencegah  timbulnya hal-hal  yang tidak kita inginkan dan yang melanggar hukum. Namun sampai saat ini perkembangan terakhir dari rapat koordinasi, di wilayah Polda Banten tetap kondusif,” jelasnya.
Sementara itu, Pemprov  Banten mempercayakan pengamanan Hari Buruh Internasional, 1 Mei 2016, kepada Polda Banten.
“Kami sudah berkoordinasi dengan Kapolda Banten untuk pengamanan May Day. Kami yakin semuanya akan aman dan para buruh yang melakukan kegiatan produktif dalam rangka peringatan May Day akan berjalan lancar, sukses dan tertib,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta. (BC2)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »