bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Tak Mampu Berobat, Warga Pasung Anak Karena Sakit Jiwa

Diposkan oleh On 18:49:00 with No comments

Lebak, bantencom - Indonesi Bebas Pasung 2015 ternyata hanya program seremonial saja, buktinya ada jaman sekarang ternyata masih ada saja orang gila dipasung ketimbang diserahkan ke dokter untuk diobati. Hal itu di katakan ketua bidang PTKP HMI Lebak cucu Komarudin kepada wartawan Rabu 03/08/2016.

Saat ini pemasungan terhadap orang gila atau orang yang mengalami gangguan jiwa masih terjadi di berbagai tempat, termasuk di kampung Cidadap desa Cidadap Kecamatan Curug bitung Kabupaten Lebak Banten, pemasangungan itu lanjut Cucu dilakukan karena berbagai faktor di antaranya kemiskinan yang dialami keluarga korban karena tidak mampu membawa salah satu keluarganya yang mengalami gangguan kejiwaan tersebut ke rumah sakit jiwa.

Selain itu Suada orang tua penderita mengatakan ketidak tahuan serta ketakutan dari keluarga karena kerap mengamuk sehingga khawatir melukai diri sendiri, orang lain dan sering menghilang dari rumah sehingga pihak keluarga langsung mengambil tindakan untuk melakukan pemasungan.

"karena kerap mengamuk sehingga khawatir melukai diri sendiri, orang lain dan sering menghilang dari rumah sehingga pihak keluarga langsung mengambil tindakan untuk melakukan pemasungan" ungkap Cucu.

Sementara Ketua Cabang HMI Lebak M Arif menyoroti masalah ini mengatakan dua lembaga di provinsi Banten khusus nya pemerintah daerah kabupaten Lebak yaitu Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan jangan tidur mengatasi persoalan penyakit kejiwaan masyarakat banten ini.

"Menghimbau Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, adalah dua lembaga yang paling bertanggung jawab terkait adanya warga Kabupaten Lebak yang tidak mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Lebak "

Ia menambahkan, penderita gangguan jiwa harusnya mampu dijamin oleh dinas Sosial provinsi maupun dinas sosial kab.lebak untuk membantu mengurangi beban keluarga dan harus dijamin kebutuhan hidup sehari-hari penderita jika mereka warga yang tidak mampu. 

Pemerintah juga harus peka dengan menjamin kesehatan warga yang sedang ditimpa musibah jangan hanya mengontrol kesehatan warga kabupaten Lebak dari balik meja terang Arif.  (KIKI Gondrong).

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »