bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

KAHMI Gelar Tadarus Nasional

Diposkan oleh On 01:05:00 with No comments

Serang, bantencom – Ribuan anggota Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) akan membaca Alquran secara serentak hari ini. Acara bertajuk Tadarus Nasional ini dilakukan sebagai upaya untuk membumikan budaya membaca Alquran kepada masyarakat.

Tadarus Nasional serbagai bagian hari ulang tahun (HUT) Kahmi ke-50 tahun ini, akan dilakukan serentak pada 77 kota se-Indonesia . Sementara, untuk wilayah Provinsi Banten akan dilaksanakan di Kota Serang, Cilegon, dan Ciputat Tangerang Selatan (Tangsel). Khusus Kota Serang akan dilakukan di Masjid At Tsaurah, sementara Pandeglang di Masjid Agung Ar Rahman.

Panitia lokal Tadarus Nasional Kota Serang Innayatul Ummah mengatakan, persiapan dari nasional atau Kota Serang sudah dilakukan jauh hari dan tinggal pelaksanaan. Pihaknya memperkirkana peserta di Kota Serang akan mencapai 300 orang lebih, baik kader alum atau kader HMI yang masih aktif.

"Semua kita libatkan baik alumni atau kader. Termasuk masyarakat umum yang akan bergabung. Karena ini dibuka untuk semua," katanya, Jumat (16/9).

Senada dikatakan panitia lokal Tadarus Nasional Nasional Kabupaten Lebak Den Halim. Menurutnya, selain sebagai peringatan HUT Kahmi ke-50 tahun, tadarus serentak untuk menumbuhkan budaya baca Alquran. Apalagi, Pandeglang dan Banten pada khusunya dikenal sebagai daerah religius.

"Ini senafas dengan doktrin kami sejak menjadi kader HMI. Turut Alquran dan hadis," ujarnya.

Terpisah, Panitia Tadarus Nasional Kahmi pusat Sujana Sulaeman mengatakan, setiap daerah diimbau untuk melaksanakan kegiatan serupa. Ini untuk mengikat jalinan silaturahmi HMI conection sekaligus kampanye menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup.

"Tujuannya membumikan Alquran ke keluarga besar HMI dan masyarakat umum," katanya.

Kata dia, khusus di Jakarta acara akan dipusatkan di Masjid Istiqlal. Pihaknya juga sudah menyiapkan 3.500 paket alquran yang akan dibagikan kepada semua peserta.

"Bagi semua jamaah yang berminat ikut serta silahkan hadir. Baik di Istiqlah langsung atau di daerahnya masing-masing sesuai tempat yang sudah ditentukan," katanya.

Salah satu Alumni HMI Unila Lampung yang juga mantan Ketua Komisi Informasi Publimk (KIP) Banten Yhanu Setiawan menyambut baik agenda Tadaru nasional. Kegiatan tersebut sangat positif sebagai upaya membumikan Alquran. Terlebih, Provinsi Banten kental dengan nuansa religinya.

"InsyaAllah setelah membaca, bisa berlanjut untuk mempelajari langsung makna Alquran," katanya.

"Yang paling penting, peserta terus melakukan usaha membumikan Alquran sebagai landasan bergerak dalam sehari-hari. Hakekatnya, Alquran adalah pedoman hidup sekaligus sumber ilmu yang sumbernya langsung dari Maha Kuasa," imbuh pria yang kini menjabat sebagai Komisioner KIP Pusat. (ken)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »