bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Hari TNI Adakan Apel Nusantara Bersatu

Diposkan oleh On 15:25:00 with No comments

Bantencom -  Hari ini seluruh provinsi di Indonesia menggelar apel Nusantara Bersatu. Apel ini digelar sesuai gagasan dan instruksi Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo yang disambut baik oleh semua pihak.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menegaskan, apel Nusantara Bersatu ini digelar bukan karena keutuhan dan persatuan NKRI mulai goyah tetapi untuk memperkokoh persatuan dan Kebhinekaan. Sumarsono juga menyatakan agenda ini tidak berkaitan dengan politik tetapi murni atas dasar rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia.

"Ini bukan agenda partai politik, apalagi agenda pilkada tidak ada, ini adalah agenda kebangsaan," ungkap Sumarsono di Monas, Rabu (30/11).

Menurut Sumarsono, memelihara dan menjaga persatuan bangsa adalah kewajiban setiap warga negara, bukan hanya sebagian kelompok saja.

"Semua yang hadir di sini ada pemuda, ada mahasiswa, ada pelajar, dan semua tokoh agama kumpul di sini untuk kembali meneguhkan bahwa kita semua bersaudara, kita ber-Bhineka, bahwa kita Indonesia. Indonesia milikku, Indonesia milikmu, dan Indonesia milik semuanya," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sumarsono mengatakan, kehadiran pelajar dalam kegiatan tersebut sebagai pembelajaran, bahwasannya menjaga keutuhan NKRI adalah tugas semua anak bangsa. Dia pastikan tak ada kegiatan belajar mengajar yang terganggu.

"Ini adalah refleksi daripada sebuah kenyataan, sebuah fakta sejarah Indonesia memang ber-Bhinneka Tunggal Ika tapi kita satu. Kita boleh beda. Beda suku, beda agama, beda ras, tapi jangan lupa kita semua bersaudara ya. Saudara sebangsa dan setanah air, itu sebenarnya hakikatnya," jelasnya.

Mahasiswa dan pelajar yang mengikuti acara ini diharapkan bisa menjadikan hal ini sebagai pembelajaran kebangsaan.

"Ini adalah agenda di luar kelas untuk membangun rasa persatuan. Jadi ini bagian daripada proses pembelajaran pada anak anak semuanya. Jadi saya mengizinkan untuk mereka ikut, gak ada masalah," tuturnya.

"Ini sama kaya kegiatan outbond tapi outbond nasionalisme, memupuk jiwa cinta Tanah Air mereka. Ini bagian dari pembelajaran untuk anak didik kita," lanjutnya.

Sumarsono juga mengimbau agar siswa yang mengikuti kegiatan apel ini diberikan tugas membuat laporan agar bisa mempelajari tentang Indonesia, tentang persatuan, tentang Pancasila dan Kebhinekaan.(BC2)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »