bantencom

Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Belajar Fiqih Bersama Ustadz Rusdi "Pasal Tentang Sholat"

Diposkan oleh On 23:37:00 with No comments

Serang, bantencom - DKM Nurul Huda Blok Gardenia mengadakan pengajian rutin setiap malam jum'at. Untuk Taklim malam ini Kamis 20 Desember 2018 materi yang dibahas adalah pasal shalat menurut ilmu Fiqih yang disampaikan oleh Ustadz Rusdi dari blok G.

Dalam pembukaan nya, ustadz Rusdi menyampaikan betapa pentingnya umat islam mengetahui sarat sah shalat agar ibadah tersebut bernilai sempurna.

Ibadah Sholat merupakan salah satu ibadah yang paling utama bagi umat Isalam. Karena tegaknya Agama tergantung dari pada amalan sholat.

"Karena begitu pentingnya masalah sholat bagi umat islam, maka selaku umat islam harus mengetahui dan mempelajari hukum dan sarat sah dalam sholat". katanya.

Lebih dalam ustadz Rusdi menerangkan bahwa dalam ilmu fiqih bahwa Nabi Muhammad Salallahu Alihi Wassalama pernah berkata bahwa barang siapa yang dengan sengaja mebinggalkan shalat berjamaah terlebih setelah mendengar suara adzan namun dia melalaikannya, lebih baik dibakar saja rumahnya. Hal itu menandakan betapa kesalnya Rasulullah terhadap orang yang lalai dalam sholat.

Kemudian masih menurut Usatadz Rusdi, Fadhilah shalat berjamaah adalah akan mendapat pahala sebanyak 27 derajat, maka dalam melaksanakan shalat berjamaah maka harus pula kita pahami tentang sarat sah shalat berjamaah agar mendapat nilai sempurna oleh Allah SWT.

Hadist Nabi Muhammad SAW Menerangkan bahwa ada dua kewajiban makmum yaitu mengucapkan amiin secara bersama, dan tidak mendahului imam dalan ruku atau gerakan yang lainnya. Jika hal ini dilakukan secara istiqomah, maka Allah akan memberikan rahmatnya bagi kita. 

Lebih lanjut dalam hadist itu juga mengatakan bahwa makmum yang gerakan shalatnya mendahului imam adalah meraka ada dalam naungan setan. Dan makmum wajib menempati tempat terdepan sampai barisan yang terdepan rapat dan rapi dalam barisannya, Oleh karena itu maka sejatinya seorang imam sebelum melakukan shalat hendaknya menghimbau kepada jamaah dan mengecek terlebih dahulu barisannya.

Ustadz Rusdi mengatakan bahwa kita sebagai manusia banyak sekali lupa, oleh karena itu taklim seperti ini sebagai sarana kita untuk mengingat akan pentingnya sarat sah shalat yang kita lakukan setiap lima waktu ini bernilai sempurna dan mendapat keberkahan dari Allah.

Diakhir pembahasan pasal tentang shalat, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar shalat. (Rid)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »