Mau Bikin Web?

Hosting Unlimited Indonesia

Banten Berlakukan KLB Covid 19, Untirta Memproduksi Hand Sanitizer

Diposkan oleh On 18.13.00 with No comments

Serang, bantencom - Menyikapi penetapan status KLB (Kondisi Luar Biasa) atas mewabahnya pandemi COVID-19 di Provinsi Banten, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melalui program Untirta Peduli memproduksi dan mendistribusikan hand sanitizer gratis bagi Sivitas Akademika Untirta maupun masyarakat umum. Perintah produksi hand sanitizer resmi Untirta Peduli diinstruksikan oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T. melalui tugas resmi dengan penunjukan Surat Tugas Rektor No: b/298/UN.43/TM.00.01/2020 kepada Tim Laboratorium Bioengineering and Biomedical Engineering Research Centre Untirta yang dikepalai oleh Dr. Eka Sari, S.T., M.T. Mulai hari ini, ratusan botol hand sanitizer 70 ml untuk Sivitas Akademika Untirta dan 100 ml untuk masyarakat umum siap diedarkan.
Peluncuran resmi produk hand sanitizer yang disusul dengan penyerahan secara simbolis kepada lima perwakilan Sivitas Akademika Untirta diselenggarakan di Ruang Rektor, Gedung Rektorat Untirta, Kampus Pakupatan, Serang sesuai protokol kesehatan dengan membatasi jumlah hadirin untuk menghindari adanya kerumunan. Pada peresmian tersebut, turut hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, dan Hubungan Alumni, Dr. H. Suherna, SP., M.Si; Guru Besar sekaligus Kepala UPT. Layanan Internasional (Plt), Prof. Dr. Ir. Hj. Kartina, AM, MP.; Ketua Tim Untirta Peduli sekaligus Kepala Laboratorium Bioengineering and Biomedical Engineering, Dr. Eka Sari, S.T., M.T.; Ketua Unit Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan Untirta, Hendra Leo Munggaran, S.E., M.Si.,M; serta anggota Tim Untirta Peduli.
"Atas nama institusi (saya) menyampaikan apresiasi kepada seluruh sivitas akademika, baik dosen, tendik, maupun unit terkait yang sudah bahu-membahu, gotong-royong untuk ikut andil mendukung program kebijakan pemerintah, baik pusat maupun pemerintah (terkait) upaya mencegah merebaknya COVID-19. Ini bagian dari kontribusi kita untuk hadir di masyarakat." Tutur Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.
Distribusi hand sanitizer gratis dilaksanakan dalam dua tahap di dua lokasi yang berbeda. Distribusi langsung kepada masyarakat umum dilaksanakan oleh Rektor Untirta didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, dan Hubungan Alumni, Dr. H. Suherna, SP., M.Si; Ketua Unit Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan Untirta, Hendra Leo Munggaran, S.E., M.Si.,M; beserta Tim Untirta Peduli, khususnya kepada pengemudi ojek online dan taksi online di Kota Serang yang dinilai amat membutuhkan hand sanitizer, tetapi cenderung kesulitan memperolehnya. Sementara itu, Sivitas Akademika Untirta dan sejumlah masyarakat umum yang telah terdaftar dapat mengambil hand sanitizer secara langsung pada Selasa, 24 Maret 2020 atau Rabu, 25 Maret 2020 di Unit Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan (UPBK) Untirta sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerumunan, Tim Untirta Peduli menerapkan sistem kloter dengan menjadwalkan sebanyak 20 orang saja per jam untuk mengambil hand sanitizer. 

Petugas pun ditekankan untuk membersihkan tangan setiap 6 menit sekali serta mengimbau penerima hand sanitizer untuk mengenakan masker dan saling menjaga jarak. 
"Kami di Untirta bergerak membagikan hand sanitizer dengan pola dan sistem yang sudah disampaikan oleh Kementerian Kesehatan dan standar dari WHO untuk tetap menjaga jarak dan tidak ada perkumpulan massa." Jelas Ketua Unit Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan Untirta, Hendra Leo Munggaran, S.E., M.Si.,M. "Ini adalah bagian dari momentum yang luar biasa, bagaimana Untirta peduli terhadap Sivitas Akademika dan peduli terhadap masyarakat umum." Sambungnya.
Hingga saat ini, Untirta tak henti melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan COVID-19. Sebelumnya, Untirta telah melaksanakan penyemprotan disinfektan dan mensosialisasikan informasi terkait COVID-19 melalui media sosial dan website. "Kita sudah melakukan kebersihan sanitasi di seluruh toilet di kampus, penyemprotan disinfektan, sosialisasi di media sosial maupun di kehumasan, termasuk hari ini kita akan menyalurkan hand sanitizer, produk dari Lab Bioengineering yang juga melengkapi apa yang sudah dilakukan oleh rekan-rekan yang lain di fakultas-fakultas maupun di jurusan-jurusan yang juga sudah membuat hal yang sama. Ini bukti Untirta hadir di masyarakat, sekaligus juga sebagai institusi perguruan tinggi yang menjadi anggota gugus tugas pencegahan penyebaran COVID-19 di Provinsi Banten, mendukung kondisi KLB di Provinsi Banten yang dicatatkan." Terang rektor.
Kepedulian Untirta dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Provinsi Banten, khususnya di lingkungan kampus Untirta juga dibuktikan dengan dirilisnya kebijakan belajar online bagi mahasiswa dan kebijakan bekerja di rumah atau kerap disebut Work From Home (WFH) bagi dosen dan tenaga kependidikan. Untuk itu, Rektor mengimbau seluruh hadirin untuk segera kembali ke rumah setelah kegiatan ini usai. "Setelah agenda hari ini, segera kembali ke rumah, cuci tangan, gunakan hand sanitizer, berkumpul bersama keluarga. Kemudian, manfaatkan bekerja dari rumah ini dengan memaksimalkan ibadah di rumah masing-masing, baca dan khatamkan Al-Quran, sambil berdoa supaya wabah Corona segera berlalu. Upaya maksimal terus kita lakukan, tapi doa juga harus maksimal." Pesannya. (Sekar – Humas)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »